Tips Merawat Komputer

MERAWAT KOMPUTER


1323059350_266351608_1-Perawatan-Komputer-JABODETABEK

Komputer anda menjadi lambat, nge-lag dan sebagainya? Hmm... Mungkin komputer anda lelah hehe. Coba dicek terlebih dahulu, dan disolved dengan beberapa tips dibawah ini: 

1. Bersihkan file-file sampah

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, menjalankan aplikasi tertentu, menginstall aplikasi, uninstall aplikasi, dll, komputer akan membuat file temporer (temporary file).Untuk menghapus file-file sampah ini Anda dapat menggunakan fasilitas bawaan Windows, yaitu Disk Clean Up (Akses lewat menu Accessories) atau menggunakan aplikasi pihak ketiga, baik yang gratis ataupun berbayar. Dan untuk yang free, anda dapat menggunakan CCleaner. Sedangkan untuk yang berbayar adalah Tune Up.

2. Uninstall aplikasi 

Banyak aplikasi justru akan memperlambat komputer. Aplikasi biasanya terinstall di drive tempat sistem operasi (Operating System / OS) berada. Biasanya di drive C. Jika drive tempat OS terlalu penuh, maka dipastikan kinerja komputer menjadi lambat.Oleh sebab itu, sebaiknya Anda melakukan uninstall aplikasi yang tidak penting dan tidak pernah dipakai. Anda dapat melakukannya dengan fasilitas uninstall bawaan windows (lewat Control Panel) ataupun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga (misalnya: revo uninstaller dan CCleaner).

3. Bersihkan registry 

Who's Registry? Kenalan Yuk! Registry merupakan konfigurasi system Windows yang terinstall dalam komputer kita. Fungsinya adalah mengatur bagaimana hardware dan software computer kita berjalan.

Tidak hanya di hard disk, registry juga sering dikotori oleh file-file sampah. Dalam registry, file-file ini disebut entry. Entry-entry sampah ini dapat terbentuk karena proses uninstall yang tidak sempurna sehingga menyisakan entry di registry. Entry tersebut tidak diperlukan lagi dan hanya akan memperlambat kinerja komputer.

Untuk menghapus entry-entry sampah ini, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner dan Tune Up.

4. Defragment hard disk

Apa itu Fragmentasi? Fragmentasi adalah kondisi dimana suatu file yang diletakkan pada media penyimpanan tidak menempati sektor secara berurutan. Fragmentasi terjadi ketika sistem operasi tidak dapat mengalokasikan ruang yang cukup pada blok-blok penyimpanan yang bersebelahan untuk menyimpan file secara lengkap sebagai sebuah kesatuan. Maka dari itu, Perawatan komputer rutin lainnya yang harus dilakukan adalah defragmentasi hard disk.

Uninstall aplikasi dan menghapus file dapat menyebabkan hard disk terfragmentasi. Hard disk yang terfragmentasi akan mengakibatkan lambatnya pembacaan data. Ujung-ujungnya komputer jadi lambat.

Untuk melakukan defragmentasi, Anda dapat menggunakan fasilitas bawaan Windows yaitu Disk Defragmenter (lewat menu Accessories) atau pun aplikasi pihak ketiga (Misal: Tune Up). 

5. Melakukan Pembersihan PC dan Peripheral  

Melakukan pembersihan secara berkala terhadap komponen komponen komputer seperti CPU, Monitor, Keyboard dan perangkat peripheral lainnya dari debu dan kotoran. Anda dapat menggunakan  mini vacuum cleaner, kain pembersih, Kuas, dll untuk membersihkan komponen komponen tersebut.

Nb: Klik disini untuk mendownload CCleaner  







 

1 komentar: